Pengaruh Orientasi Pelanggan, Kapabilitas Inovasi, Dan Hubungan Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Fashion Di Kota Pontianak

Penulis

  • Fitrianti Fitrianti Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah model kerangka berpikir untuk meneliti bagaimana hubungan variabel orientasi pelanggan, kapabilitas inovasi, dan hubungan pelanggan dalam membangun kinerja pemasaran pada UMKM Fashion di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan menggunakan metode slovin. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 23 (Statistical Program For Social Science, 23). Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heterokedasitas, dan multikolonieritas), uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa semakin tinggi orientasi pelanggan, kapabilitas inovasi, dan hubungan pelanggan maka semakin tinggi kinerja pemasaran.

Diterbitkan

2024-05-14

Terbitan

Bagian

Articles