Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Daya Saing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Boncabe Pada CV Trijaya Perkasa Di Pontianak

Penulis

  • Hansen Guido Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Persaingan yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk lebih memperhatikan keputusan pembelian pada produk. CV Trijaya Perkasa merupakan distributor yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Distributor merupakan tempat menyalurkan barang pada konsumen. Perusahaan yang baik tentunya akan mempelajari perilaku konsumen guna memahami mengapa dan bagaimana konsumen bersedia membeli produknya, dengan mempelajari perilaku konsumen serta mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah model konseptual untuk meneliti terhadap hubungan variable Kualitas Produk, Brand Image dan Daya Saing dalam meningkatkan keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan pelanggan tetap CV Trijaya Perkasa di kota Pontianak. Metode pengelolaan data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 22. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis korelasi, analisis regresi, linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas produk dan daya saing secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Bon Cabe pada CV Trijaya Perkasa. Sedangkan pada variabel brand image secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Bon Cabe pada CV. Trijaya Perkasa. Kemudian, kualitas produk, brand image, dan daya saing secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Bon Cabe pada CV. Trijaya Perkasa

Diterbitkan

2024-07-22

Terbitan

Bagian

Articles