Analisis Pengaruh Inovasi Layanan, Orientasi Kewirausahaan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Fashion Di Kota Pontianak

Penulis

  • Yunita Yuni Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi layanan, orientasi kewira   usahaan dan nilai pelanggan terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha UMKM. Pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik purposive sampling sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reabilitas, asumsi klasik, (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi,regresi berganda, uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukan bahwa semua instrument pada variable bebas (X) dan variable terikat (Y) ditanyakan valid. Hasil dari uji t menunjukan bahwa inovasi layanan, orientasi kewirausahaan dan nilai pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Pontianak.

Diterbitkan

2024-07-22

Terbitan

Bagian

Articles