Analisis Pengaruh Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Dan Investment Opportunity Set Terhadap Price To Book Value Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis debt to equity ratio, return on equity, dan investment opportunity set terhadap price to book value pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah 37 perusahaan sektor industri barang konsumsi dan terdapat 185 sampel. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa debt to equity ratio (DER) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap price to book value (PBV), return on equity (ROE) berpengaruh positif terhadap price to book value (PBV), danĀ investment opportunity set (IOS) tidak berpengaruh terhadap price to book value (PBV).
Referensi
Sudiani, N.K.A., dan Darmayanti, N.P.A. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Pertumbuhan, dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4545-4547.
Sukamulja, S. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Andi.
Sunaryo, D. dan Adiyanto, Y. (2017). Pengaruh DER, dan DPR Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal USR, 4(11), 33-53.
Sunyoto, D. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama.
Sutrisno. (2017). Manajemen Keuangan: Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia Yogyakarta.
Suwardika, I.N.A., & Mustanda, I.K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Properti. E-jurnal Manajemen Udud, 6(3), 1248-1277.
Widarjono, A. (2013). Ekonometrika Terapan dan Aplikasinya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.