Pengaruh Daya Tarik Promosi, Harga Kompetitif, Dan Inovasi Layanan Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Harmony In Kubu Raya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab atau faktor yang membuat penurunan tingkat pengunjung yang datang menginap di Hotel Harmony In Kubu Raya. Bagaimana tanggapan responden mengenai daya tarik promosi yang dilakukan, kemudian harga yang ditetapkan serta inovasi layanan yang dijalankan sehingga membuat konsumen tertarik datang untuk menginap pada Hotel Harmony In Kubu Raya. Pada penelitian ini bentuk penelitian adalah kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang menginap di Hotel Harmony In Kubu Raya dengan jumlah sampel sebanyak 112 responden dengan teknik pengambilan sampel yakni berdasarkan metode sensus. Teknik pada pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara ke responden. Penelitian ini menggunakan bantuan program yaitu SPSS SPSS (Statistikal Product and Service Solution) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian (uji F) pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel daya tarik promosi, harga kompetitif dan inovasi layanan berpengaruh terhadap keputusan menginap. Hasil pengujian secara parsial yakni (uji t) menunjukkan bahwa variabel daya tarik promosi dan harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap.
Referensi
Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.
Mustafar, Tengku Firli. (2020). Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Priansa, D.J. (2017). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Rangkuti, Freddy. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Suhartanto. & Dwi, dkk. (2017). Ritel pengolaaan dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. & Chandra, Gregorius. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. & Chandra, Gregorius. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.