Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Brand Store, Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sektor Rumah Makan Dan Restoran Di Kota Pontianak

Penulis

  • Sinta Febriani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pengaruh orientasi pelanggan, brand store dan harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran pada UMKM rumah makan dan restoran di Kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 pelaku usaha UMKM sektor rumah makan dan restoran di Kota Pontianak.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis angka indeks Three Box Method yang mana analisis ini terbagi jawaban responden menjadi 3 kategori rendah, sedang dan tinggi. Selanjutnya data diuji secara statistik menggunakan pengukuran Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 23.

Referensi

Gitosudarmo, Indriyo.(2014). Manajemen Peamsaran, Yogyakarta, BPFE-Yogyakarta

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Jalilvand, M. R. (2017). “ The effect of innovativeness and customer-oriented System on performance in the hotel industry of Iran”. Journal of Science and Technology Policy Management, Vol. 8 Issue : 1, 43-46,.

Kotler, Philip dan Kevin Keller Lane. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 ddan 2. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pamsaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta

Diterbitkan

2024-05-15

Terbitan

Bagian

Articles