Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk, Nilai Pelanggan, Dan Tingkat Kepercayaan Anggota Terhadap Minat Menabung Pada Credit Union Banuri Harapan Kita Di Kecamatan Balai

Penulis

  • Rizky Chris Gunandry Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik produk, nilai pelanggan dan tingkat kepercayaan anggota terhadap minat menabung pada Credit Union Banuri Harapan Kita di Keamatan Balai. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang telah menjadi anggota Credit Union Banuri Harapan Kita di Keamatan Balai. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 123 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel daya tarik produk, nilai pelanggan dan tingkat kepercayaan anggota terhadap minat menabung. Hal ini menunjukkan saran bahwa untuk meningkatkan daya tarik produk, maka pihak CU harus berusaha untuk memiliki produk yang baik agar dapat meyakinkan anggota CU bahwa produk CU dapat memberikan manfaat kepada para anggota CU, pihak CU Banuri Harapan Kita di Kecamatan Balai harus mempertahankan nilai pelanggan dan menjaga tanggapan anggota terhadap CU dengan cara lebih memberikan kinerja yang sangat memuaskan kepada anggota dan untuk meningkatkan tingkat kepercayaan anggota terhadap pihak CU Banuri Harapan Kita di Kecamatan Balai, maka harus memperhatikan produk CU agar dapat memberikan jaminan untuk dipercaya terhadap anggota.

Referensi

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Maharani, Astri Dhiah. “Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang”. Diponegoro Journal of Management, 2010.

Pranama, Yogi Gede dan Ni Made Rastini. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri Cabang Veteran Denpasar Bali”. Jurnal Manajemen Unud, Vol 5, No.1, 2016.

Priansa, Donni Juni. Perilaku Konsumen: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2017.

Diterbitkan

2024-05-15

Terbitan

Bagian

Articles