Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Harga Kompetitif Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Mercure Di Pontianak

Penulis

  • Henni Handayani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel citra perusahaan, harga kompetitif dan daya tarik promosi terhadap keputusan menginap pada hotel Mercure Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan keadaan yang sebenarnya berdasarkan data dan fakta yang ada pada saat penelitian dilakukan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primier, data premier adalah wawancara dan hasil kuesioner yang dibagikan pada responden yang pernah menginap di hotel Mercure Pontianak. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui dengan pasti jumlah konsumen yang pernah menginap di hotel Mercure Pontianak. Peneliti menetapkan jumlah sampel minimal yang digunakan untuk penelitian ini yaitu sejumlah 100 responden yang pernah menginap di hotel Mercure Pontianak. Penentuan jumlah sampel tersebut dilakukan agar sesuai dengan kriteria sehingga layak untuk diteliti. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan alat analisis Stastical Package for Social Sciences (SPSS) 22. SPSS adalah suatu program khusus pengolahan data untuk analisis statistik. Adapuan analisis data yang digunakan antara lain adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji t dan F.

Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa citra perusahaan, harga kompetitif dan daya tarik promosi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap keputusan menginap pada hotel Mercure Pontianak. Selain itu pada uji koefisien determinasi diketahui bahwa model penelitian berpengaruh sebesar 69,6% terhadap Variabel Y. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa citra perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal berbeda ditunjukkan pada  variabel harga kompetitif dan daya tarik promosi yang tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan menginap.

Referensi

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Mahmud, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu

Nitisusastro, M. (2010). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Alfabeta: Bandung

Pristanto, Yanuar. Dkk. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Menginap pada Hotel Bintang Mulia Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa Vol 1. Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Jember.

Putri, Adisya Nadira. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan Serta Kepercayaan dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pos Express PT Pos Indonesia Persero. Skripsi. Fakultas Eknomi dan Bisnis Unviersitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian. CV Alfabeta: Bandung

Rusmini. (2013). Strategi Promosi Sebagai Dasar Peningkatan Respons Konsumen. Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora.

Diterbitkan

2024-05-15

Terbitan

Bagian

Articles