Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi Pada Subsektor Konsumsi Makanan Dan Minuman Di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Kinerja keuangan perusahaan merupakan gambaran utama mengenai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan perusahaan (pertumbuhan aset dan pertumbuhan penjualan) terhadap kinerja keuangan perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Barang Konsumsi Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020. Data dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan aset berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan sedangkan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa struktur modal tidak memoderasi pengaruh pertumbuhan aset dan pertumbuhan penjualan terhadap kinerja keuangan.
Referensi
Suweta, N.M.N.P.D., & Dewi, M.R. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan Aktiva terhadap Struktur Modal. EJurnal Manajemen Unud. 5(8), 5172-5199.
Triyani, Bambang, M., & Abdul, R. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Aset terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Banten: Tirtayasa Ekonomika.
Valentina, Henni & Ruzikna. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Risiko Bisnis dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014. JOM FISIP, 4(2).
Walsh, C.K. (2004). Management Ratios: Rasio-rasio Manajemen Penting Penggerak dan Pengendali Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.
Yuliani, E. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Kinerja keuangan. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 111-122.