Pengaruh Kualitas Produk, Harga Kompetitif Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Menjual Beras Buah Lai Pada PD Siantan Di Pontianak

Penulis

  • Kong Liat Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun kerangka konseptual penelitian mengenai hubungan variabel kualitas produk, harga kompetitif dan daya tarik promosi dalam meningkatkan keputusan menjual terhadap produk beras merek Buah Lai yang di distribusikan oleh PD Siantan Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan industri produk beras Buah Lai pada PD Siantan yang berada di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 125 responden dengan metode penarikan sampel yaitu purposive sampling. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisa kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen yang diolah dengan komputer menggunakan program Statistical Product and Servis Solutions (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif yang dilakukan melalui pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terhadap pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas produk, harga kompetitif dan daya tarik promosi terhadap keputusan menjual. Penulis menyarankan kepada pelaku usaha beras Buah Lai di Pontianak untuk tetap menjaga dan meningkatkan kualitas produk serta memberikan harga yang lebih terjangkau, harga yang sesuai dengan kualitasĀ  dan memberikan daya tarik promosi yang dimiliki agar dapat menarik perhatian konsumen serta dapat meningkatkan keputusanĀ  menjual sehingga pelaku usaha dapat meningkatkan hasil penjualan yang lebih maksimal.

Diterbitkan

2024-05-14

Terbitan

Bagian

Articles