Pengaruh Kapabilitas Inovasi, Orientasi Pasar Dan Keunggulan Penjualan Online Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Bidang Makanan Dan Minuman Di Kota Pontianak

Penulis

  • Petrick Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Persaingan yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk lebih memperhatikan kinerja pemasarannya. Semakin baik pelaku usaha dalam melakukan pemasaran maka akan meningkatkan penjualan. Hal ini menuntut pelaku usaha untuk lebih memperhatikan faktor yang akan meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan kapabilitas inovasi, orientasi pasar dan keunggulan penjualan online terhadap kinerja pemasaran. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel pada penelitian ini sebanyak 150 responden yang merupakan pelaku UMKM bidang makanan dan minuman di kota Pontianak. Metode pengelolaan data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 22. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis korelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kapabilitas inovasi, orientasi pasar dan keunggulan penjualan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Diterbitkan

2024-05-14

Terbitan

Bagian

Articles