Pengaruh Firm Size, Profitability, Growth Opportunity, Dan Liquidity Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Subsektor Farmasi Di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Jantika Sari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh firm size, profitability, growth opportunity, dan liquidity terhadap struktur modal pada sembilan Perusahaan Subsektor Farmasi di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2020. Analisis dengan model regresi OLS. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan firm size dan growth opportunity tidak berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan profitability dan liquidity berpengaruh negatif. Variabel penelitian ini dapat menjelaskan perubahan struktur modal sebesar 59,1 persen.

Referensi

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Tangiduk, D., Rate, P. V., & Tumiwa, J. (2017). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi, 5(2), 874-883.

Watson, J. & Wells, P. (2005). The Association Between Various Earning and Cash Flow Measures of Firm Performance and Stock Returns: Some Australian Evidence. Hal. 1-29.

Widayanti, L. P., Triaryati, N., & Abundanti, N. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Tingkat Pertumbuhsn Perusahaan, Likuiditas, dan Pajak terhadap Struktur Modal pada Sektor Pariwisata. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(6), 3761-3793.

Wijaya, E. & Jessica. (2017). Analysis of Effect of Structure of Assets, Its Size, Profitability, Growth Opportunities, Tangibility, Business Risks and Capital Structure Liquidity Against Sector Companies In The Property & Real Estate Listed In Indonesia Stock Exchanges In 2011-2015. Jurnal Procuratio, 5(4), 440-451.

Yoshendy, A., Achsani, N.A., & Maulana, T. N. A. (2015). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Barang Konsumsi di BEI Tahun 2002 – 2011. Jurnal Bisnis & Manajemen, 16(1), 47-59.

Diterbitkan

2024-05-14

Terbitan

Bagian

Articles