Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Jejaring, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh orientasi kewirausahaan, kapabilitas jejaring, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Metode penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan pelaku usaha UMKM makanan dan minuman di Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data adalah NonProbability Sampling, sampel yang digunakan sebanyak seratus responden dimana penulis menyebarkan kuesioner kepada para pelaku usaha UMKM makanan dan minuman di Kota Pontianak. Dari perhitungan uji validitas semua variabel valid. Hasil uji reabilitas juga menunjukkan semua instrumen dinyatakan reliabel. Hasil dari koefisien determinasi sebesar 0,663. hasil analisis regresi linear berganda adalah Y= 5,581 + 0,334 + 0,252 + 0,174. Hasil uji F sebesar 63,034 pada tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan pada uji t menghasilkan variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, variabel kapabilitas jejaring berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan variabel keunggulan bersaing tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.