Analisis Pengaruh Free Cash Flow, Investment Opportunity Set Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah free cash flow, investment opportunity set, dan firm size berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan sampel sebanyak empat puluh perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi laporan keuangan di IDX. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa free cash flow dan investment opportunity set mempunyai pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan firm size tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan. Kemampuan model yang digunakan untuk memberikan penjelasan terhadap nilai perusahaan sebesar 6,50 persen.
Referensi
Rizqia, Dwita Ayu, dan Siti Aisjah Sumiati. "Effect of Managerial Ownership, Financial Leverage, Profitability, Firm Size, and Investment Opportunity on Dividend Policy dan Firm Value." Research Journal of Finance dan Accounting, Vol.4, No.11, 2013, Hal. 120-130.
Ross, Stephen A., Randolph Westerfield, dan Bradford D. Jordan. Fundamentals of Corporate Finance. Tata McGraw-Hill Education, 2008.
Sari, Maya, and Jufrizen Jufrizen. "Pengaruh Price Earning Ratio dan Return On Asset terhadap Price To Book Value." KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi Vol 10. No 2 2019, Hal. 196-203.
Satrio, Arif Budi. "Firm Value in Indonesia: Will Foreigners be the Determinant?." JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), Vol.13, No.1, 2022, Hal. 134-145.
Sawir, Agnes. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta, 2009.
Tryfino. Cara Cerdas Berinvestasi Saham. Jakarta, 2017.
Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.