Analisis Pengaruh Daya Tarik Produk, Inovasi Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada Credit Union Khatulistiwa Bakti Di Kantor Pusat Pontianak

Penulis

  • Bernadeta Lisa Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik produk, inovasi layanan dan nilai pelanggan terhadap keputusan menjadi anggota. penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausal dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, penyebaran kuesioner dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti di Kantor Pusat Pontianak sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert dengan bantuan Statistical Product and Services Solutions (SPSS) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel daya tarik produk, inovasi layanan dan nilai pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi anggota. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik daya tarik produk, inovasi layanan, dan nilai pelanggan yang dibangun oleh Credit Union maka dapat meningkatkan keputusan menjadi anggota.

Diterbitkan

2024-05-14

Terbitan

Bagian

Articles