Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keunggulan Bersaing, Dan Orientasi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Cafe Dan Resto Di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, Keunggulan Bersaing dan Orientasi Wirausaha terhadap Kinerja Pemasaran Café dan Resto di Kota Pontianak.Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha Cafe dan Resto di Kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel ditentukan dengan metode multivariat dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 90 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel Kualitas Pelayanan, Keunggulan Bersaing dan Orientasi Wirausaha UMKM Cafe dan Resto di Kota Pontianak yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Kinerja Pemasaran.