Pengaruh Orientasi Pasar, Kapabilitas Inovasi Dan Keunggulan Penjualan Online Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Bidang Fashion Di Kota Pontianak

Penulis

  • Rena Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Pemasaran berperan penting bagi para pelaku usaha agar dapat mempertahankan keberhasilan usahanya. Pelaku usaha perlu untuk mengukur kinerja pemasaran yang telah diperoleh dari berbagai faktor yang dipertimbangkan memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, kapabilitas inovasi dan keunggulan penjualan online terhadap kinerja pemasaran. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel penelitian sebanyak 108 responden yang merupakan pelaku UMKM bidang fashion di Kota Pontianak. Pengelolaan data menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis korelasi, analisis regresi linear berganda,  uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah orientasi pasar dan keunggulan penjualan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, sedangkan kapabilitas inovasi tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.

Diterbitkan

2024-05-14

Terbitan

Bagian

Articles