Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Inovasi Produk, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Makanan Ringan Di Pontianak

Penulis

  • Fernando Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif, inovasi produk, dan kepercayaan merek terhadap kinerja pemasaran UMKM makanan ringan di Pontianak. Bentuk penelitian yang di gunakan adalah penelitian kuantitatif kausalitas, Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuesione dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 75 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel harga kompetitif, inovasi produk dan kepercayaan merek secara simultan berpengaruh signifiksn terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa harga kompetitif dan kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran, daninovasi produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Diterbitkan

2024-05-11

Terbitan

Bagian

Articles