Pengaruh Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pupuk NPK DGW Compaction Pada PT Sid Inti Dinamik Di Pontianak
Abstrak
Kajian ini bertujuan untuk meneliti lebih lanjut apakah terdapat pengaruh variabel kualitas produk, harga kompetitif, dan daya tarik promosi dalam meningkatkan keputusan pembelian pupuk NPK DGW Compaction pada PT Sid Inti Dinamik di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah melakukan pembelian pupuk NPK DGW Compaction di PT Sid Inti Dinamik dan jumlah sampel 112 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga kompetitif, dan daya tarik promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan harga kompetitif, dan daya tarik promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Referensi
Santika, D. (2021). Strategi Keunggulan Layanan, Kapabilitas Inovasi dan Daya Tarik Promosi dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Sektor Kuliner Selama Pandemi di Kota Pontianak (Studi Kasus pada Usaha Café dan Restoran di Kota Pontianak). MABIS, 12(1).
Saputra, G. R., & Roswaty, R. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran 4P Terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Eceran di Toko Tani Makmur Pagar Alam Sumatera Selatan. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(2), 32-45.
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran, Edisi Kesatu. Malang: UB Press.
Suardika, I. M. P., Ambarawati, I. G., & Sukaatmadja, I. P. (2014). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik CV Golden Leaf Farm Bali. Jurnal Manajemen Agribisnis (Journal Of Agribusiness Management), 2(1), 1-10.
Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks.