Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Beng Beng Wafer Pada PT Cipta Niaga Semesta Di Pontianak

Penulis

  • Vinnie Lay Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk, citra merek dan brand awareness terhadap keputusan pembelian Beng beng Wafer pada PT. Cipta Niaga Semesta. Bentuk penelitian yang digunakan oleh penulis adalah bentuk penelitian kausalitas. Penulis menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Metode tarik sampel yang digunakan adalah insidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak seratus tiga puluh lima (135) responden. Metode analisa menggunakan alat ukur skala rating dengan kriteria Three Box Method yang kemudian data diolah menggunakan program SPSS versi 23 (Statistical Program For Social Science, 23). Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa kualitas produk dan brand awareness berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Beng beng Wafer pada PT Cipta Niaga Semesta di Pontianak, sedangkan citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Beng beng Wafer pada PT Cipta Niaga Semesta di Pontianak. Saran dari peneliti untuk PT Cipta Niaga Semesta agar terus memiliki inovasi baru, terus meningkatkan kualitas produk-produknya dan mempromosikan produk menggunakan kemasan serta iklan yang menarik.

Diterbitkan

2024-05-11

Terbitan

Bagian

Articles