Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Nilai Pelanggan Dan Kapabilitas Inovasi Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pasar, Nilai Pelanggan Dan Kapabilitas Inovasi Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Kota Pontianak.Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha Umkm Makanan Dan Minuman Di Kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 110 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel Orientasi Pasar, Nilai Pelanggan Dan Kapabilitas Inovasi yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel Kinerja Pemasaran.