Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Bidang Fashion Di Kota Pontianak

Penulis

  • Fitria Puspita Sari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan, kualitas produk, dan harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bidang fashion di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas dan tekhnik analisis data menggunakan wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang yang ditentukan berdasarkan teori Multivariant. Teknik analisis data menggunakan pengukuran Skala Likert dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel nilai pelanggan, kualitas produk, dan harga kompetitif secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa nilai pelanggan, kualitas produk, dan harga kompetitif berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Diterbitkan

2024-05-11

Terbitan

Bagian

Articles