Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Nilai Pelanggan, Daya Tarik Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Makanan Di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Nilai Pelanggan, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Makanan di Kota Pontianak. Metode Penelitian yang digunakan penulis adalah metode Kausalitas. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengusaha UMKM. Teknik pengambilan data menggunakan metode purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 125 responden. Teknik analisis data menggunakan kausalitas dan menggunakan pengukuran Skala Ranting. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22 dengan menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran.