Analisis Pengaruh Daya Tarik Lokasi, Nilai Pelanggan, Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Garuda Mitra Di Kota Pontianak

Penulis

  • Donatila Maria Bunga Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan  dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh dari Daya Tarik Lokasi, Nilai Pelanggan, dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian. Yang menjadi objek pada penelitian kali ini adalah Swalayan Garuda Mitra yang berlokasi di jalan H. Rais A. Rahman, Sungai Jawi Dalam, Kecamatan. Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukungan penelitian ini adalah kuesioner dan studi dokumenter. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah accidental sampling dan jumlah sampel yang di ambil sebanyak 100 responden.  Teknik analisis data menggunakan analisis data kausalitas dan menggunakan pengukuran skala rating. Data yang didapatkan oleh peneliti lalu diproses menggunakan bantuan program SPSS 22 (statistical product and service solution) pada komputer. Hasil uji F pada penelitian ini menunjukan bahwa  variabel daya tarik lokasi, nilai pelanggan, dan harga kompetitif berpengaruh pada keputusan pembelian pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak dilihat dari Fhitung sebesar 9,684 lebih besar dari 2,000. Dari hasil uji t menunjukan bahwa variabel daya  tarik lokasi, nilai pelanggan, dan harga kompetitif berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak.   

Diterbitkan

2024-05-11

Terbitan

Bagian

Articles