Analisis Pengaruh Brand Image, Inovasi Layanan, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Menginap Kembali Pada Hotel My Home Pontianak
Abstrak
Persaingan dunia bisnis saat ini semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan setiap perusahaan harus bersaing dalam mendapatkan keuntungan. Salah satu bisnis yang memiliki persaingan yang cukup ketat yaitu bisnis di sektor perhotelan dan akomodasi. Seiring berjalannya waktu, perkembangan bisnis perhotelan semakin meningkat baik dan pesat. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variabel brand image, inovasi layanan, dan daya tarik promosi terhadap keputusan menginap kembali pada Hotel My Home Pontianak. Populasi yang digunakan pada penelitian ini merupakan konsumen yang pernah menginap di Hotel My Home Pontianak. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 100 responden. Analisa yang digunakan adalah analisa linear berganda yang menggunakan program bernama SPSS (Statistical Program for Social Science) versi 22. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengujian validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Hasil pengujian validitas dan realibilitas menunjukkan bahwa semua variabel bebas dan variabel terikat dinyatakan valid dan reliable. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel brand image, inovasi layanan, daya tarik promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap kembali pada Hotel My Home Pontianak. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh brand image, inovasi layanan, daya tarik promosi dapat memberikan kepuasan dan kontribusi terhadap keputusan menginap kembali.