Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat L’agie Pada PT Surya Abadi Persada Di Pontianak

Penulis

  • Sherina Riady Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Persaingan dan perubahan permintaan pasar menuntut industri makanan dan minuman harus dapat memenuhi kepuasan konsumen sehingga kegiatan pemasaran produk sangat memerlukan penetapan strategi yang tepat. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel kualitas produk dan citra merek dapat mempengaruhi keputusan pembelian menjadi meningkat. Keputusan pembelian yang meningkat akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah model kerangka berpikir untuk meneliti bagaimana hubungan variabel kualitas produk dan citra merek dalam mendukung terjadinya variabel keputusan pembelian pada produk cokelat L’agie. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Pontianak yang pernah melakukan pembelian produk cokelat L’agie dan jumlah sampel 144 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier yang dilakukan dengan menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Articles