Analisis Pengaruh Variasi Lini Produk, Daya Tarik Promosi Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Membeli Pada Supermarket Kaisar Siantan Pontianak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi lini produk, daya tarik promosi dan harga kompetitif terhadap keputusan membeli pada Supermarket Kaisar Siantan Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah teknik struktural equation modelling (SEM). Jumlah sampel sebanyak seratus (100) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heterokedasitas, dan multikolonieritas), uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa variasi lini produk, daya tarik promosi dan harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan membeli pada Supermarket Kaisar Siantan Pontianak. Saran dari peneliti untuk pihak Supermarket Kaisar Siantan Pontianak adalah lebih meningkatkan variasi lini produk, daya tarik promosi dan menjaga harga kompetitif untuk dapat lebih meningkatkan keputusan membeli.