Analisis Pengaruh Kualitas Hubungan, Keunggulan Bersaing Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Fashion Di Pontianak

Penulis

  • Winda Noviani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas hubungan, keunggulan bersaing dan harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran pada UMKM fashion di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas dan tekhnik analisis data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Teknik analisis data menggunakan pengukuran Skala Rating dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel kualitas hubungan, keunggulan bersaing dan harga kompetitif secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa kualitas hubungan, keunggulan bersaing dan harga kompetitif berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles