Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kinerja Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Printer Merek Brother Pada Metro Computer Pontianak

Penulis

  • Rostika Anggeng Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar signifikan pengaruh dari citra merek, harga, dan kinerja pelayanan terhadap keputusan pembelian printer merek Brother pada Metro Computer Pontianak. Populasi yang digunakan adalah seluruh konsumen yang membeli printer merek Brother pada Metro Computer Pontianak. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistik yaitu  Statistical Product and Servise Solutions ( SPSS ) versi 23. Penguji data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik ( normalitas dan heterokedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear sederhana, uji t dan uji F. Hasil penguji yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrument pada variabel bebas (X) dan variabel terikat ( Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian printer merek Brother di Metro Computer Pontianak.

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles