Analisis Pengaruh Harga, Lokasi, Nilai Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen Pada Hotel Merpati Pontianak

Penulis

  • Mitasari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Berubahnya pola konsumen membuat para pelaku Hotel sulit untuk mengetahui keinginan dan kepuasaan konsumen dalam berkunjung, inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel harga, lokasi, nilai pelanggan dan kualitas pelayanan dalam kepuasaan konsumen pada Hotel Merpati Pontianak yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasaan konsumen agar dapat meningkatkan tingkat hunian dan memperoleh profit yang lebih maksimal. MetodeĀ  penelitian iniĀ  yang digunakan adalah analisi regresi. Populasi dlam penelitian ini adalah para konsumen yang datang ke Hotel Merpati Pontianak dan jumlah sampel 132 responden dengan teknik pengambilan sampelberdasarkan metode purposive sampling. Dalam penelitiaan ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen daan dependen dengan menggunakan software SPSS (Statistikal Product and Service Solution) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel harga, lokasi, nilai pelanggan daan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan konsumen. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa harga, lokasi, nilai pelanggaan dan kualitas pelayanan berpengaruh secaaraa signifikan terhadap kepuasaan konsumen

Diterbitkan

2023-09-30

Terbitan

Bagian

Articles