Pengaruh Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Menjual Produk Minyak Goreng Merek Fortune Melalui Brand Image (Studi Kasus Pada PT Wilmar Cahaya Indonesia, Tbk Di Pontianak)
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah model kerangka berpikir untuk meneliti apakah terdapat pengaruh harga kompetitif dalam memicu terjadinya peningkatan keputusan menjual melalui brand image. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penjual minyak goreng Fortune yang berdomisili di Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 103 responden berdasarkan teori analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan metode penarikan sampel yaitu purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan bantuan software AMOS versi 23. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif yang dilakukan melalui pengujian hipotesis menggunakan uji regression weight menunjukkan bahwa masing-masing variabel berhubungan secara positif dan signifikan. Hasil pengujian menggunakan Sobel Test menunjukkan variabel harga kompetitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjual melalui brand image baik secara langsung maupun tidak langsung.