Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan Anggota Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Menabung Pada Credit Union Khatulistiwa Bakti Di Pontianak

Penulis

  • Lidia Risma Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak merupakan lembaga keuangan yang berbentuk koperasi simpan pinjam. Sama halnya dengan lembaga keuangan lainnya CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak juga menawarkan berbagai produk simpanan, pinjaman dan juga layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan, kepercayaan anggota dan daya tarik promosi terhadap keputusan menabung  pada CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota CU Khatulistiwa Bakti di Pontianak.Teknik pengambilan data sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak  100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji F dan uji T. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel citra perusahaan, kepercayaan anggota dan daya tarik promosi memberikan pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap variabel keputusan menabung.

Diterbitkan

2023-08-31

Terbitan

Bagian

Articles