Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pelanggan Dan Kapabilitas Inovasi Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Kerajinan Tangan Di Pontianak
Abstrak
Pada era modern sekarang ini, kegiatan pemasaran produk memerlukan kekreatifan, inovatif, dan berani menghadapi resiko. Persaingan dunia bisnis khususnya pada sektor kerajinan tangan semakin ketat ditandai dengan peningkatan jumlah UMKM kerajinan tangan setiap tahun, UMKM Kerajinan Tangan biasanya menciptakan produk baru yang sangat memberi kesan bahwa produk UMKM Kerajinan Tangan merupakan produk yang berinovatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari populasi 150 pelaku usaha di kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SPSS 22 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian secara simultan menunjukkan variabel orientasi kewirausahaan, orientasi pelanggan dan kapabilitas inovasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.