Pengaruh Orientasi Pesaing, Kualitas Hubungan Pelanggan, Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kuliner Di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini merupakan sebuah pengujian dari pengaruh orientasi pesaing, kualitas hubungan pelanggan, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM kuliner di Kota Pontianak. Jumlah pelaku usaha yang terus mengalami perkemangan setiap tahunnya menuntut pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuan bersaing dalam memasarkan produknya.Tujuan dari penciptaan kinerja pemasaran yang lebih baik akan menimbulkan cakupan pasar yang lebih luas serta profit yang diperoleh menjadi lebih maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi kausalitas yang bertujua untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SPSS 22 (statistical product and service solutions). Sampel yang digunakan sebanyak 90 responden dari populasi 1.180 pelaku usaha diĀ kota Pontianak. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel orientasi pesaing, kualitas hubungan pelanggan, dan inovasi produk secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa orientasi pesaing, kualitas hubungan pelanggan, dan inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.