Pengaruh Nilai Pelanggan, Orientasi Kewirausahaan, Dan Keunggulan Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Cafe Dan Restoran Di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini merupakan sebuah pengujian dari pengaruh nilai pelanggan, orientasi kewirausahaan, dan keunggulan produk terhadap kinerja pemasaran UMKM Cafe dan Restoran di Kota Pontianak. Jumlah pelaku UMKM yang terus mengalami perkemangan setiap tahunnya menuntut pelaku usaha untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam memasarkan produk, pengembangan produk serta melakukan inovasi dan peningkatan pelayanan. Tujuan dari kinerja pemasaran yang lebih baik akan memberikan cakupan pangsa pasar yang lebih luas serta profit yang diperoleh menjadi lebih maksimal dan pengembangan investasi yang semakin luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi kausalitas yang bertujuan untuk menjelaskan sebab akibat antar variabel dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan model SPSS 22 (statistical product and service solutions). Sampel yang digunakan sebanyak 80 responden dari populasi 286 pelaku usaha diĀ kota Pontianak. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel nilai pelanggan, orientasi kewirausahaan, dan keunggulan produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara persial (uji T) menunjukkan bahwa nilai pelanggan, orientasi kewirausahaan, dan keunggulan produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.