Analisis Pengaruh Atribut Layanan dan Kualitas Makanan terhadap Minat Beli pada Restoran Pondok Ale-Ale di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa signifikan pengaruh atribut layanan dan kualitas makanan terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif di mana populasinya adalah semua konsumen yang mengunjungi restoran. Teknik pengumpulan data adalah Purposive Sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak seratus orang dengan ketentutan kriteria setiap konsumen pernah berkunjung di restoran minimal 2 kali dan konsumen minimal berumur 16 tahun. Dari hasil perhitungan uji validitas semua variabel adalah valid. Hasil dari uji reliabitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis regresi linear berganda bahwa kedua variabel bebas mempunyai pengaruh yang positif terhadap variabel terikat. Hasil uji F bahwa variabel atribut layanan dan variable kualitas makanan yang merupakan dimensi variabel penjelas yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Sedangkan pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel atribut layanan dan kualitas makanan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel minat beli.