Pengaruh Kinerja Pelayanan, Kualitas Produk dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Mobil pada Samudra Jaya Mandiri di Pontianak

Penulis

  • Monika Monika Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini di lakukan untuk menguji pengaruh kinerja pelayanan, kualitas produk dan citra perusahaan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Samudra Jaya Mandiri di Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian pada Samudra Jaya Mandiri di Pontianak dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2017 yaitu sebanyak 1101 orang. Sampel yang dipilih adalah sebanyak 100 orang konsumen dari keseluruhan populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian validitas menunjukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrument yang digunakan peneliti adalah reliabel. Hasil dari analisis secara keseluruhan menunjukkan masing- masing variabel berhubungan secara signifikan. Hasil pengujian secara parsial (Uji t) menghasilkan variabel kinerja pelayanan, kualitas produk dan citra perusahaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian.

Diterbitkan

2023-07-17

Terbitan

Bagian

Articles