Pengaruh Profitability, Investment Opportunity Set, Free Cash Flow dan Firm Size terhadap Firm Value pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitability, investment opportunity set, free cash flow, firm size terhadap firm value. Populasi Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia hingga tahun 2017 adalah sebanyak 47 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga sampel yang diperoleh adalah sebanyak 37 perusahaan. Bentuk penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif mencakup analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi dan koefisien determinasi serta pengujian hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitability, investment opportunity set, firm size berpengaruh positif terhadap firm value sedangkan free cash flow berpengaruh negatif terhadap firm value.