Analisis Pengaruh Harga Kompetitif dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Paket Tur Jakarta-China pada PT Sentosa Wisata Global di Pontianak
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga kompetitif dan promosi terhadap keputusan pembelian pada PT Sentosa Wisata Global di Pontianak. Populasi dalam penelitian adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian Paket Tur Jakarta-China pada PT Sentosa Wisata Global di Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden berdasarkan metode accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, realibilitas, asumsi klasik, analisis korelasi dan koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. hasil pengujian menunjukkan masing-masing variabel bebas berhubungan secara signifikan positif terhadap variabel terikat. Dapat Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa semua variabel valid dan reliabel serta menunjukkan masing-masing variabel bebas berhubungan secara signifikan dan positif terhadap variabel terikat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel harga kompetitif dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian paket tur Jakarta-China pada PT Sentosa Wisata Global di Pontianak. Saran yang dapat saya berikan untuk perkembangan adalah perusahaan rutin melakukan perbaikan kualitas paket tur Jakarta-China yang dijual sehingga membuat konsumen merasa aman dan nyaman kemudian perusahaan harus bisa mempertahankan daerah pemasaran dan sarana promosi yang sudah ada kepada pelanggan.