Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Keputusan Menjadi Anggota pada CU Sumber Berkat TP Kecamatan Kapuas di Kabupaten Sanggau
Abstrak
Credit Union (CU) merupakan salah satu lembaga keuangan non bank yang beroperasi secara lebih khusus juga semakin banyak. Situasi ini menggambarkan betapa ketatnya persaingan untuk meraih pangsa pasar yang lebih luas serta merebut pangsa pasar yang telah dikuasai oleh Bank tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan dan citra merek terhadap keputusan menjadi anggota. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampling insidental dengan jumlah sampel dari populasi 100 orang responden. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis kualitatif yaitu dengan Skala Likert, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi berganda, serta uji F dan uji t. Hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi anggota. Penulis menyarankan agar Credit Union Sumber Berkat TP Kecamatan Kapuas di Kabupaten Sanggau sebaiknya lebih sering melakukan kunjungan ke daerah-daerah tertentu dengan tujuan agar masyarakat lebih mengenal secara luas mengenai produk-produk di Credit Union Sumber Berkat serta lebih meningkatkan kualitas pelayananya.