Analisis Pengaruh Citra Perusahaan dan Daya Tarik Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Supermarket Kaisar di Pontianak

Penulis

  • Nicky Mayadi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan dan daya tarik produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Supermarket Kaisar di Pontianak. Pada penelitian ini, bentuk penelitian yang digunakan kausal komparatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada Supermarket Kaisar di Pontianak. Sedangkan dalam penentuan jumlah sampel, penulis menggunakan metode accidental sampling dengan menetapkan sampel sebanyak 112 responden. Teknik analisis data terbagi menjadi dua, yaitu analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi dengan bantuan program SPSS versi 22 untuk mengolah data. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel citra perusahaan dan daya tarik produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Adapun saran yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah lebih memfokuskan pada kualitas produk dengan melakukan pengecekan pada setiap produk agar produk yang mengalami kerusakan dapat dipisahkan terlebih dahulu serta lebih meningkatkan kegiatan promosi karena kedua hal tesebut merupakan cara dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Diterbitkan

2020-02-29

Terbitan

Bagian

Articles