Pengaruh Promosi dan Kinerja Layanan terhadap Peningkatan Minat Anggota Menabung pada Credit Union Keluarga Kudus Kota Baru Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari promosi dan kinerja layanan terhadap peningkatan minat anggota menabung pada CU Keluarga Kudus Kota Baru Pontianak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kausal. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yaitu dalam analisis kualitatif akan dilakukan dengan cara menyebar kuesioner dengan menggunakan skala rating sebagai media untuk mengukur variabel yang akan diteliti dan dalam analisis kuantitatif menggunakan bentuk Statistical Package for Social Science (SPSS). Populasi pada penelitian ini adalah Semua anggota Credit Union Keluarga Kudus Kota Baru Pontianak yang masih aktif dan sudah bergabung minimal 2 tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan metode purposive sampling sebagai pengumpulan sampel dan dengan penentuan ukuran sampel berdasarkan rumus slovin. Dalam penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh positif terhadap variabel minat menabung, sedangkan untuk variabel kinerja layanan menunjukkan hasil yang tidak signifikan positif terhadap variabel minat menabung. Sehingga disarankan bagi CU Keluarga kudus Kota Baru Pontianak untuk meningkatkan kinerja layanan yang sudah dilaksanakan saat ini agar kinerja layanan kedepannya bisa lebih maksimal.