Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Hoki 899 pada CV Hokindo Jaya Abadi Nanga Pinoh

Penulis

  • Sandi Sandi Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk air mineral Hoki 899 pada CV Hokindo Jaya Abadi Nanga Pinoh. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan lebih melihat sebab dan akibat dari variabel independen dan dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan pembelian air mineral Hoki 899 pada CV Hokindo Jaya Abadi Nanga Pinoh dan sampel yang diambil adalah toko-toko yang sudah berlangganan minimal dua tahun dan berdomisili di Nanga Pinoh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian koefisien determinasi (R2) dari kedua variabel independen mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 33,80 persen, sedangkan sisanya 66,20 persen dijelaskan oleh fakto-faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan harus menjaga serta meningkatkan kualitas produk agar dikenal sebagai produk yang baik dan menjadi pilihan masyarakat, menjaga kemasan tetap bersih dan higienis serta mutu air yang berkualitas sehingga konsumen akan merasa puas dengan produk yang ditawarkan. Perusahaan harus menjaga citra merek di mata masyarakat dan memberikan pengetahuan serta informasi produk melalui media-media yang ada dan perusahaan juga harus aktif dalam melakukan kegiatan sosial.

Diterbitkan

2023-07-18

Terbitan

Bagian

Articles