Analisis Pengaruh Kualitas Hubungan, Kualitas Informasi dan Kinerja Layanan terhadap Kepuasan Orang Tua Murid pada Playgroup dan Taman Kanak-Kanak Go Smart di Pontianak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas hubungan, kualitas informasi, kinerja layanan terhadap kepuasan orang tua murid Playgroup dan Taman Kanak-Kanak Go Smart di Pontianak. Bagaimana kebijakan yang diterapkan oleh Playgroup dan Taman Kanak-Kanak Go Smart, dan untuk mengetahui bagaimana tanggapan responden terhadap kualitas hubungan, kualitas informasi, kinerja layanan sehingga membuat mereka merasa puas dan mempercayakan anak-anaknya untuk bersekolah di Playgroup dan Taman Kanak-Kanak Go Smart . Metode yang digunakan adalah metode kausal dengan lebih melihat sebab dan akibat dari variabel independen dan dependen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter dengan populasi dalam penelitian ini adalah orang tua murid PG & TK Go Smart sehingga dengan teknik sampling jenuh maka sampel yang diambil adalah orang tua murid PG & TK Go Smart tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas hubungan, kualitas informasi dan kinerja layanan dapat memberikan pengaruh positif terhadap tingkat kepuasan orang tua murid Playgroup dan Taman Kanak-Kanak Go Smart di Pontianak.