Analisis Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Beli Garam Merek Tambak pada PT Cipta Rasa Sejati di Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Personal Selling dan kualitas produk terhadap keputusan beli. Personal Selling merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan untuk memasarkan produknya. Dalam memasarkan produk tentunya harus disertai kualitas pada sebuah produk yang baik sehingga produk tersebut dapat diterima oleh konsumen yang membelinya. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kausalitas. Dimana bentuk penelitian kausalitas digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Karena jumlah populasi berjumlah 60 responden saja maka teknik pengumpulan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini adalah Personal Selling dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan beli. Namun, kualitas produk berpengaruh lebih besar terhadap keputusan beli daripada Personal Selling.