Analisis Pengaruh Orientasi Pesaing, Brand Image dan Harga Kompetitif terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Cafe dan Resto di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variabel orientasi pesaing, brand image dan harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran. Populasi dalam penelitian ini merupakan pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Café dan Resto di kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 responden yaitu pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Café dan Resto di kota Pontianak.berdasarkan metode sampling jenuh. Teknik analisis data berupa pengujian validitas, realibilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua variabel valid dan reliable serta menunjukkan masing-masing variabel bebas berhubungan secara signifikan terhadap variabel terikat. Maka, dapat disimpulkan bahwa variabel orientasi pesaing, brand image dan harga kompetitif berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Saran yang dapat diberikan untuk perkembangan adalah untuk meningkatkan orientasi pelanggan serta mempertahankan harga yang kompetitif dan brand image yang telah tertanam sehingga membuat pelanggan puas dan meningkatkan kinerja pemasaran.