Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Daya Tarik Produk dan Kualitas Hubungan Pelanggan terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Fashion di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan, daya tarik produk dan kualitas hubungan pelanggan terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) fashion di Kota Pontianak. Tujuan dari penciptaan kinerja pemasaran yang lebih baik akan menimbulkan cakupan pasar yang lebih luas dan profit yang diperoleh menjadi lebih maksimal. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan pengukuran Skala Likert. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel nilai pelanggan, daya tarik produk dan kualitas hubungan pelanggan secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa nilai pelanggan, daya tarik produk dan kualitas hubungan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran.