Analisis Pengaruh Store Brand, Kualitas Hubungan Pelanggan dan Harga Kompetitif terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Ritel Produk Elektronik di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Store Brand, Kualitas Hubungan Pelanggan dan Harga Kompetitif terhadap Kinerja Pemasara. Yang menjadi objek pada penelitian ini adalah UMKM Ritel Produk Elektronik di Kota Pontianak. Data izin usaha UMKM yang dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemilik usaha UMKM Ritel Produk Elektronik di Pontianak serta jumlah sampel yang diambil oleh penulis yaitu sebanyak 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan diproses menggunakan bantuan program SPSS versi 22.00 (Statistical Package for Social Sciences) pada laptop. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diketahui bahwa variabel Store Brand, Kualitas Hubungan Pelanggan dan Harga Kompetitif yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Ritel Produk Elektronik.