Analisis Pengaruh Keragaman Menu dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Rumah Makan Ayam Pak Usu Gerai Jalan Sumatera Pontianak

Penulis

  • Samsun Samsun Manajemen, STIE Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keragaman menu dan harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini konsumen yang datang ke rumah makan ayam pak usu gerai jalan sumatera pontianak. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden dalam penelitian ini menggunakan metod sampling insidental. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), uji t, uji F dengan bantuan tabel ANOVA. Hasil penelitian hasil uji F menyatakan bahwa variabel keragaman menu dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konseumen. Berdasarkan hasil uji t secara parsial menyatakan bahwa variabel keragaman menu dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian konsumen. Adapun saran-saran yang diberikan penulis adalah untuk terus mempertahankan variasi menu agar konsumen memiliki banyak pilihan menu dalam pembelian serta mempertahankan harga sesuai dengan manfaat yang diterima konsumen, kualitas dan kebutuhan konsumen.

Diterbitkan

2023-07-17

Terbitan

Bagian

Articles