Pengaruh Orientasi Penjualan, Kapabilitas Inovasi dan Nilai Pelanggan terhadap Peningkatan Kinerja Usaha pada UMKM Resto dan Cafe di Kota Pontianak
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Orientasi Penjualan, Kapabilitas Inovasi dan Nilai Pelanggan Terhadap Kinerja Usaha UMKM Resto dan Cafe di Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pelaku usaha UMKM Resto dan Cafe di Kota Pontianak dan untuk jumlah sampel yang diambil penulis yaitu secara sensus (sampling total) dengan jumlah sampel sebanyak 81 responden. Dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis yaitu analisis kuantitatif dan menggunakan perhitungan dengan program SPSS versi 22. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa variabel Orientasi Penjualan, Kapabilitas Inovasi dan Nilai Pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Usaha UMKM Resto dan Cafe. Adapun saran-saran yang diberikan oleh penulis yaitu pelaku usaha harus memiliki rencana kerja pada penjualan produk dengan cara yang berbeda dari pelaku usaha lainnya dan memberikan promosi, menggunakan inovasi dengan teknik terbaru yang lebih kreatif untuk mengelolah produknya sehingga produk yang dihasilkan dapat menarik perhatian pelanggan untuk membeli, serta menerapkan pelayanan yang cepat untuk memberikan pesanan sehingga pelaku usaha dapat segera memenuhi kebutuhan pelanggan dan pelanggan juga tidak jenuh menunggu lama.